Berikut ini adalah uraian jabatan-jabatan yang umumnya terdapat pada hotel besar:
1. General Manager
General Manager adalah puncak pimpinan dari sebuah struktur organisasi hotel. Ia bertanggung jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel dan kinerja seluruh karyawannya.
2. Assistant General Manager atau Executive Assistan Manager.
Yang ke dua dari struktur organisasi hotel
adalah : Assistant General Manager atau Executive Assistan Manager
adalah wakil General Manager. Jabatan ini pada umumnya ada di
hotel-hotel besar di mana General Manager perlu dibantu dan didukung
oleh Assistan General Manager. Penanganan tugas-tugas manajemen yang
telah dirumuskan dan diarahkan oleh General Manager dilaksanakan dan
dikomunikasikan kepada Assistant General Manager. Selanjutnya diteruskan
ke Departmen Head.
3. Controller
Controller adalah akuntan internal hotel. Controller bertanggung jawab
atas efektivitas pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan
yang disusun setiap hari. Ia akan dimintai pendapat dan pandangannya
dalam hal keuangan hotel.
4. Plant Engineer
Plant Engineer adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pemeliharaan,
pengelolaan, dan perbaikan seluruh aset yang meliputi: gedung hotel,
perlengkapan mekanik dan elektronik, dan energi hotel. Pengelolaan
listrik, gas, dan air adalah tanggung jawab plant engineer.
5. Executive Housekeeper
Executive Housekeeper adalah pemimpin departemen yang memiliki kemampuan
merencanakan, mengorganisasi, Dan mengevaluasi pekerjaan dibidang
housekeeping. Ia bertanggung jawab atas kebersihan kamar-kamar tamu dan
area umum yang dimiliki hotel.
6. Human Resources Development Manager
HRD Manager adalah pejabat yang bertugas mengelola sumber daya manusia
untuk keberhasilan hotel. HRD Manager harus menguasai hukum dan
perundang-undangan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, baik lokal,
nasional, maupun internasional. Ia bertugas menerima dan mengangkat
pegawai baru, menyelenggarakan semua administrasi kepegawaian dan
kegiatan karyawan, serta mengadakan pelatihan terhadap karyawan.
7. Recreation Director
Recreation Director adalah pejabat yang bertugas mengelola kegiatan hotel yang berkaitan dengan kegiatan rekreasi di area hotel.
8. Marketing and Sales Director
Marketing and Sales Director adalah pejabat yang menentukan keberhasilan hotel dalam menjual produk hotel kepada konsumen.
9. Food & Beverage Manager
F&B Manager adalah pejabat yang bertugas mengelola Food and Beverage
Department Untuk dapat menyajikan makanan dan minuman berkualitas yang
disenangi tamu. Merencanakan menu, memastikan bahwa setiap bawahanya
dapat menyajikan makanan dengan cepat dan ramah, dan mengendalikan biaya
Food and Beverage Department.
10. Front Office Manager
FO Manager adalah pejabat hotel yang bertanggung jawab atas pengelolaan kantor depan.
11. Security Director
Security Director bertanggung jawab atas keamanan hotel secara
keseluruhan. Ruang lingkup pengamanan hotel meliputi para karyawan, para
tamu, dan aset hotel. Security perlu menciptakan kondisi yang aman
sehingga tamu betah tinggal di hotel dan para karyawan bekerja dengan
nyaman.
Sekian materi tentang Struktur Organisasi Hotel semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan anda memberikan komentar, karna komentar anda sangat membantu,,